Rabu, 05 Juni 2013

program pascal - Cache Simulator

Cache memory
Apa Cache Memory itu??
          Cache memory merupakan memory sementara yang mempunyai tujuan khusus untuk menjembatani perbedaan kecepatan RAM yang sangat tinggi dengan memory utama…

          Cara kerja cache memory adalah memory ini menyimpan “proses/ perintah/program“ yang sering dilakukan oleh user sehingga jika user ingin  menggunakannya kembali dapat dengan mudah di laksanakan dari cache memory tanpa harus mengambil perintah tersebut dari memory utama
Dapat di analogikan cache memory seperti kertas buram yang kita gunakan ketika ujian matematika… ketika kita menghadapi soal mtk yang memilki cara/ rumus sama seperti soal –soal sebelumnya kita dapat  melihat hasil perhitungan/ rumus yang telah kita tulis di kertas buram tersebut tanpa menulisnya ulang dari awal. Cukup mudah untuk di bayangkan bukan??
Kertas buram inilah yang digunakan computer jika user meminta melakukan proses yang sama dari proses sebelum sebelumnya.

Namun kali ini saya hanya memberi konsep sederhana dari cache memory tersebut beserta cache simulator yang saya buat dari bahasa pemrograman pascal.

Jika ingin mempelajarinya lebih detail dapat di lihat dari bahan bacaan beserta program cache simulator dan source code
yang saya berikan dibawah ini

(include : ppt, cache simulator, program documentation)






Berikut ini adalah screenshot program cache simulator







Tampilan ketika Cache Hit 






sekian post ini saya buat semoga bermanfaat bagi pembaca... saya hanya membagi ilmu yang sudah saya dapatkan sejak berkuliah ini.. 

jika ada bug di program tersebut dan masih ada kekurangan pada tulisan saya mohon komentarnya dan smoga kedepannya semakin baik lagi amin....















Tidak ada komentar:

Posting Komentar