Jumat, 31 Mei 2013

E-Commerce,Implementasi,dan perbedaan ketiga website E-Commerce terkemuka di Indonesia(Literature Assigment)

PENDAHULUAN

Kemajuan Teknologi saat ini sudah merambat ke segala bidang dalam  memajukan kualitas,teknologi sangat berperan dalam berjalannya system yang sudah ada serta merubah system menjadi lebih baik lagi. Salah satunya dalam bidang perdagangan atau komersial. Perdagangan mengalami perubahan dan kemajuan pesat pada system tersebut yaitu perdagangan melalui media elektronik,ditambah lagi zaman sekarang masyarakat yang sudah terlalu sibuk dengan urusan dan tidak sempat mampir ditoko- toko yang tersebar sehingga melalui media elektronik sangat memudahkan kondisi yang terjadi saat ini.
            Media elektronik merupakan wadah yang sangat tepat untuk melakukan perdagangan karena media tersebut sudah tersebar luas dikalangan masyarakat. Terbentuklah teknologi E-Commerce , E-Commerce merupakan perdagangan komersil yang memakai wadah elektronik. Banyak keuntungan yang didapatkan bagi semua pihak seperti pembeli atau pelanggan,pebisnis dan produsen. Selain itu terdapat keuntungan dalam bidang biaya pemasaran, biaya pemasaran dan penyediaan barang menjadi lebih sedikit karena tidak perlu lagi adanya pemasaran dalam bentuk fisik seperti banner, ataupun iklan pada pamphlet dan tidak perlu lagi adanya penyediaan gudang untuk menampung barang yang akan dipasarkan. Karena dari system yang ada sekarang pada E-Commerce, barang yang akan dipasarkan secar langsung dipesan kepada pabrik produsen dan tidak perlu ditampung di tempat penyimpanan oleh penjual.
Pada tahap pembayaran dan tatap muka pun sudah tidak serumit perdagangan klasik, karena system pembayaran pada E-Commerce  dapat melalui internet banking. Serta tatap muka antara penjual dan pembeli sudah tidak diperlukan lagi Karena para pembeli langsung dihadapkan kepada media elektronik yang menampilkan segala informasi barang yang siap dijual.     





E-COMMERCE
            E-Commerce merupakan salah satu bentuk kemajuan perdagangan melalui teknologi yang sudah ada pada saat ini,salah satunya media elektronik yang merupakan mediasi perdagangan saat ini.
Apakah  E-Commerce itu??
E-Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa melalui Internet. Dalam pengertian yang paling umum, hanya menciptakan situs Web yang mengiklankan dan mempromosikan produk anda dapat dianggap E-Commerce.
Penjual
Pembeli
Online Trade
E-Commerce
 



Perdagangan elektronik (e-commerce), merupakan suatu transaksi dagang yang dilakukan secara online dalam suatu jaringan komputer yang tertata dalam database antara pihak penyedia produk dengan pihak yang membutuhkan produk.
Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.
Kelebihan dan Keuntungan E-Commerce:
·        Memudahkan para customer karena dapat melakukan transaksi secara online
·        Tidak perlu bertemu tatap muka antara penjual dan pembeli
·        Proses transaksi dapat dilakukan dengan ATM
·        Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
·        Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
·        Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

Skema E-Commerce
Gambar 1
Kategori E-Commerce:
·       Business to Business E – Commerce
Transaksi perdagangan melalui internet yang  dilakukan oleh dua perusahaan.      
·       Business to Consumer
Transaksi jual beli melalui internet antara penjual barang konsumsi dan konsumen         
·       Consumer to Consumer
Peserta dalam satu pasar secara online bisa membeli dan menjual barang-barang satu sama lain
·       Business to Government
Bisnis menjual barang-barang atau layanan kepada pemerintah dan lembaga pemerintah

Perbandingan tiga website Internet E-Commerce
            Dibawah ini merupakan hasil perbandingan antara 3 website E-Commerce kategori Consumer to Consumer:
Diambil dari tiga website E-Commerce Indonesia:
·        Tokopedia
·        Dinomarket
·        Multiply.com
Saya mengambil 3 web tersebut karena ketiganya memiliki kesamaan jenis barang yang dijual dan cara perdagangannya

Tampilan dinomarket








Tampilan tokopedia




Tampilan Multiply.com






Tabel 1




PENJELASAN
            Data diatas memperlihatkan keseragaman pada semua website E-Commerce, sudah hampir memenuhi criteria Electronic Catalogue . namun ada beberapa yang masih belum terpenuhi seperti personalization pada Multiply.com dan capture customer pada Multiply.com dan DinoMarket.
Rata – rata semua memiliki kesamaan dalam hal kemudahan pengguna dalam mencari barang, serta barang – barang yang dijual selalu up to date, adapun special offer tiap bulannya dan ditujukan kepada pengguna web tersebut supaya tertarik dengan barang baru.
Ketiga web diatas memiliki cara masing – masing untuk memikat pelanggan dan pengguna baru agar mereka tertarik kepada barang yang dijual.ketiganya juga memberikan alasan untuk meyakinkan pelanggan dalam hal keamanan yang sangat terjaga.
Fitur produk dan tersedianya barang dipastikan relevan terhadap informasi yang diberikan kepada pengguna dan pelanggan. Ketiga website diatas sudah terintegrasi dengan system internal seperti pelanggan dapat mengirim email maupun chat kepada administrator, juga dilengkapi dengan contact yang dapat dihubungi dan pilihan cara membayar produk yang akan dibeli.


KESIMPULAN
            Ketiga web diatas sudah memenuhi criteria Electronic Catalogue dengan demikian ketiga website diatas dapat di sebut sebagai web E-Commerce yang baik dalam hal system dan kualitas. Website tersebut sudah user friendly sehingga dapat memberikan kemudahan pada pelanggan baru ataupun lama. Pelanggan yang ingin berbeanja dimanapun mereka berada dengan mudah mengakses website tersebut dan langsung dapat mencari barang yang mereka inginkan tanpa harus pergi ke took dan berbicara pada penjual. Khususnya web tersebut merupakan web yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia, sehingga dapat lebih mudah dalam pengiriman barang.
            Ketiga website diatas tidak berbeda jauh satu dengan yang lainnya, yang menjadi perbedaan dilihat dari desainnya masing – masing yang mempunyai keunikan dan cirri khas tersendiri. Masing – masing website sudah terintegrasi dengan e-banking dan cara pembayaran lainnya, serta sudah tertera contact yang dapat dihubungi
            Dari segi pengambilan data pelanggan rata- rata website E-commerce telah di lakukan ketika ingin membeli barang, namun masih ada webite yang ttp member kebebasan kepada pelanggan tanpa perlu daftar dahulu ketika ingin membeli barang.




DAFTAR PUSTAKA


1 komentar: